Rabu, 29 Juli 2009

SEJARAG BERDIRINYA PONPES DARUN NAHWI


Pesantren WOTGALI sejak tahun 1977 dinamai Paeantren DARUN NAHWI dan sejak tahun 1980 dipindah - lokasinya di Desa Singajaya Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, dan sejak tahun 1982 berbadan Hukun berrama : YAYASAN PESANTREN DARUN NAHWI

Kegiatannya :

1. Pendidikan Sekolah ( Tk. Kanak-2 s/d SMU ).

2. Pendidikan luar Sekolah, Pengajian Pesantren dan Keterampilan

3. Kesejahtraan dan Ekonomi : UKS ( Panti Asuhan, Penyantunan Anak Yatim, Pembinaan Orang usia lanjut dan Penyantunan Fakir-Miskir ), Penglolaan Asrama / Pondok Santri, Koperai dan kegiatan lainnya.

PENDAHULUAN

1. Gambaran Umum

WOTGALI adalah sebuah Pemukiman yang di bangun oleh seorang Ulama bernama Kiyai Sjakir putra Mbah Kiyai Sama'un Waliyullah - Dadap Indramayu sekitar tahun 1730 SM.

Hampir seluruh penghuni pemukiman Wotgali tersebut adalah Santri, mereka datang
menjadi murid Kiyai Sjakir, maka pada tahun 1760 SM di pemukiman tersebut berdiri Pesantren.

Letak Pemukiman / Pesantren WOTGALI, saat ini dalam Wilaysah Desa Singajaya dengan

batas-batas.
* Sebelah Utara : Desa Singajaya
* Sebelah Timur : Pecantilan Wotbogor dan Desa Gelarmandala
* Sebelah Selatan : Desa Pekandangan
* Sebelah Barat : Kelurahan Karangmalang dan Kelurahan Karang Anyar.

Para Ulama Sesepuh WOTGALI membangun Mental Agama pada Masyarakat Indonesia melalui Wahana Pesantren sejak tahun 1760 s /d 1989. Dan sejak Tahun 1990 seluruh tanah Wotgali dibebaskan oleh Pemerintah untuk kepentingan Pertamina UP VI, kecuali 2 (dua ) bidang lahan tanah masih hak milik Keluarga WOTGALI ialah :

* Bidang tanah kuburan Kiyai Sjakir dan Masjid Kiyai Sjakir.

* Bidang tanah lainnya ialah kuburan besar Ulama-Ulama Sesepuh Wotgali.

Kini peninggalan WOTGALI tersebut berada di tengah-tengah Komplek Perumahan Pertamina UP V1 Bumi Putra Indramayu.

Dua Monumental tersebut merupakan bukti betapa besar jasa para Ulama-Ulama Sesepuh WOTGALI sebagai Pembangun mental Agama Masyarakat Indonesia melalui wadah Wahana Pesantren yang merupakan aset bangsa Indonesia.

2. Kiyai Sjakir Sesepuh Wotgali

Kiyai SJAKIR adalah Putra ke-2 dari Mbah Kiyai Sama'un Waliyullah yang berasal dari Aceh Serambi Mekah dan lama bermukim di Gresik Jatim dan Dadap Indramayu, Ibu Kiyai Sjakir ialah Putri Mbah Nurilah / Ki Gede Dadap.

Kedatangan Ayah Kiyai Sjakir dari Gresik ke Indramayu, semasa datangnya para Ulama ke Indramayu, antara lain :

* Kiyai Wiralodra, dari Begelen Jateng.

* Kiyai Solikhin, dari Jawa Tengah

* Kiyai Abdullah Mimbar dari Demak Jateng.

Semua Ulama perjalannya melalui darat, kecuali Mbah Kiyai Sama'un melalui laut dengan memasukkan diri ke kotak dan terapung apung mengikuti gelombang sampai ditepi pantai Dadap, setelah bertemu dengan Ki Gede Dadap akhirnya menjadi menantunya.

Dengan Putri Ki Gede Dadap, Kiyai Sama'un berputra 5 orang :

1. Nyi Marju, bersuamikan Kiyai Marju seorang Ulama putra Penghulu Batang Pekalongan Jateng.

2. Kiyai Sjakir, berkelana ke barat sampai menemukan dan membuka tanah pemukiman dan sekaligus sebagai pendiri Paeantren Wotgali.

3. Nyi Rajem, bersuami dengan Kiyai Rajem Kedokan Bunder Indramayu, bersama 5 orang putranya bermukim di Wotgali.

4. Kiyai Safiudin berkeluarga dan bermukim di Kedokan Gali Karangampel Indramayu ( putra kembar dengan Nyi Rajem ).

5. Kiyai Abd. Karim bersama keluarga ikut membuka dan bermukim di Wotgali.

Sesepuh Wotgali Vase Awal :

- Kiyai Sjakir putra Kiyai Sama'un dari Dadap Indramayu.

- Kijai Abd. Aziz putra K. Asra dari Rajayang Losarang Indramayu. Orang tuanya berasal dari Bagelen Jawa Tcngah.

- Kiyai Raden Yusuf bersama Saudara-Saudaranya K.Sulaiman, K. Hasan, K Abdul Rohim dan K. Laspi'i dari Demak Jawa Tengah.

- Nyi Rajem putra K Sama'un ( adik Kiyai Sjakir ).

- Kiyai. Abdul Karim putra K. Sama'un ( adik Ny. Rajem ).

- Kiyai Kharomain dan Kiyai Ma'un dari Surabaya Jatim.

- Kiyai Rajem dari Kedokan bunder, setalah bercerai dengan putri K.Sama'un, datang dan bermukim di Wotgali bersama istri dan putra-putranya.

B. Sesepuh Wotgali Vase ke dua :

Adalah Putra dan menantu Sesepuh Wotgali Vase Awal.

C. Sesepuh Wotgali Vase ke tiga :

Adalah Cucu dan menantu cucu Sesepuh Wotgali Vase awal.

D. Sesepuh Wotgali Vase ke empat :

Adalah Turunan dan mantu turunan Sesepuh Wotgali Vase ke dua, tiga dan keempat.

4 komentar:

  1. Kesuwun kang,tulisan yg sangat membantu..
    Tentang sejarah islam di indramayu.

    BalasHapus
  2. Kesuwun kang,tulisan yg sangat membantu..
    Tentang sejarah islam di indramayu.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat,untuk generesi tentang sejarah masuknya islam di indramyu pada umumnya dan terkhusus untuk masyarakat dadap.

    BalasHapus